Pantai Ria Kenjeran

Pantai Kenjeran menjadi salah satu magnet penarik dan menjadi daya pikat kota Surabaya bagi banyak orang di seluruh Indonesia bahkan dunia. Kota Surabaya yang terkenal sebagai salah satu pusat industri dan pusat perdagangan di Indonesia, ternyata juga memiliki salah satu kebanggaan lainnya di mana Surabaya juga di sebut sebagai kota Bahari, di mana kota ini memiliki kelebihan dalam perairannya. Julukan kota buaya yang memiliki wisata pantai yang menarik dan indah, di mana pantai Kenjeran memiliki pesona panorama  dan sumber daya lama yang tak kalah jika di bandingkan dengan susunan pantai di Bali ataupun di Jogja.

Sekarang ini, pantai Kenjeran di juluki Taman Hiburan Pantai Kenjeran karena di pantai ini juga terdapat beragam hiburan menarik untuk keluarga dan anak-anak. Pantai ini di fasilitasi dengan berbagai permainan anak, seperti komedi putar, prosotan, tangga lingkar, permainan jungkat jangkit dan permainan jenis outbond lainnya yang bisa mendukung asyiknya liburan keluarga yang juga tentu membutuhkan permainan untuk membuat anak-anak tidak mudah merasa bosan. Fasilitas ini sengaja di berikan oleh pemerintah agar minat dan animo masyarakat untuk datang mengunjungi pantai sendiri menjadi semakin besar di bandingkan harus keluar daerah atau keluar negeri untuk melihat dan menikmati keindahan pantai lain. Kebersihan dan keindahan lingkungan pantai pun selalu di usahakan agar tetap menarik hati wisatawan, meskipun terkadang, wisatawan local masih sering dan susah untuk di ingatkan membuang sampah mpada tempatnya.

Pihak pemerintah juga mengelola Kenjeran Park. Lokasi ini banyak menawarkan beberapa sarana hiburan seperti penyewaan peralatan olahraga, wisata air, religi dan banyak jenis lainnnya termasuk wisata pendidikan alam untuk anak-anak. Masih ada lagi,  tersedia pula fasilitas waterboom dan kolam renang yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Semua fasiltias ini di tujukan agar masyarakat semakin banyak yang datang dan mengunjungi serta menambah pendapatan daerah terutama di bidang pariwisata. Pantai Kenjeran memang merupakan panta wisatai andalan di Surabaya namun sayang kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan pantai masih sangat rendah, sehingga perlu usaha lebih dari pemerintah untuk pengelolaan pantai agar lebih sehat, layak dan menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bibir pantai Kenjeran memang di tata seperti arsitektur China, dimana terdapat kya-kya atau nama tepian pantai yang menjadi cirikhas pantai ini, sehingga para wisatawan dari kawasan Asia Timur banyak yang tertarik untuk mengunjungi pantai in, seperti dari China, Korea, Jepang dan Thailand tercatat cukup banyak mengunjungi pantai Kenjeran dikarenakan penasaran dengan bangunan arsitektur bibir pantai tersebut. Apabila anda mengunjungi kya-kya ini pada malam hari, keindahannya akan semakin terpancar, dengan cahaya temaram dan tambahan lampion-lampion cantik khas negara tirai bambu membuat anda dan pasangan akan merasakan suasana romantis.

Selain itu, pantai Kenjeran juga sangat terkenal dengan pilihan kuliner  yang beragam dan bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Bisa anda menikmati keindahan pantai di malam hari sambil menikmati lezatnya makanan dari restoran-restoran seafood yang berjejer di sepanjang mata memandang. Bisa menikmati sate kerang, udang bakar atau apapun yang anda inginkan bersama dengan pasangan, sahabat dan keluarga. Pantai Kenjeran adalah salah satu aset berharga negara yang kita semua harus jaga agar tidak terabaikan dan tetap memberikan nilai lebih kepada negara, kepada perekonomian rakyat dan kepada nama baik Indonesia di mata dunia. Dengan demikian,  Indonesia bisa menjadi negara yang selalu bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungannya salah satunya di pantai Kenjeran Surabaya.

Sumber