Perbandingan Avanza, Mobilio dan Ertiga

Kali ini akan melakukan komparasi/ perbandingan 3 mobil MPV terlaris, yakni antara: Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Ketiga mobil tersebut adalah MPV dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia (tahun 2014) dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing; misalnya: Suzuki Ertiga yang bagus dalam hal fitur & interior, Toyota Avanza yang unggul pada ketersediaan sparepart dan jaringan service serta Honda mobilio yang handal pada kemampuan mesin.
Berikut perbandingan ke tiga mobil bekas keluaran 2014 tersebut

Perbandingan Harga
Toyota Avanza Veloz AT bekas keluaran 2014 masih memiliki harga pasaran 165 juta rupiah sedangkan untuk Honda Mobilio E MT tahun 2014 dijual dengan harga paling tinggi 170 juta rupiah, Suzuki ertiga GX AT bekas tahun 2014 juga memiliki harga pasaran yang hampir sama yakni 170 juta rupiah. Artinya untuk harga ketiganya tidak jauh berbeda (berkisar 170 juta rupiah versi matic), sedangkan mobilio 2014 tidak tersedia versi matic harga pasar sedikit di bawah rivalnya
Kenyamanan Suspensi
Suspensi paling nyaman dan empuk adalah Suzuki ertiga yang menjadi juaranya, di samping empuk Suzuki ertiga memiliki material seat (kursi) yang bagus dengan busa yang tebal dan lapisan kulit yang berkualitas. Honda mobilio meskipun sudah memakai penggerak roda depan (sama dengan ertiga) akan tetapi masalah suspensi menduduki peringkat 2, busa pada jok yang lebih tipis dari ertiga membuat kenyamanan penumpang tidak maksimal (jok mobilio dibuat tipis agar ruangan kabin lebih luas). Karena memakai sistem penggerak roda belakang sistem suspensi Toyota Avanza memang harus sedikit keras agar tidak mudah limbung terutama suspensi belakang, alhasil masalah kenyamanan terkait dengan suspensi avanza termasuk tertinggal dari ke dua rivalnya.

Kapasitas Penumpang
Meskipun ketiga mobil sama-sama memiliki kapasitas penumpang 7 orang, akan tetapi perbedaan kualitas interior menyebabkan score juga berbeda. Suzuki Ertiga lagi-lagi menjadi pemenang pada kemampuan mengangkut penumpang ini dengan kursi baris kedua yang bisa disetel maju mundur, Ertiga juga memiliki legroom yang lebih lega dibanding ke dua rivalnya. Sementara untuk Headroom (ruangan kosong untuk kepala) Honda mobilio menjadi yang pertama paling luas (pada penumpang baris kedua) sehingga membuat penumpang tidak stres karena sempitnya ruangan, selain itu headroom juga bermanfaat jika tinggi penumpang di atas rata-rata.
Untuk posisi duduk penumpang baris kedua, Toyota Avanza menjadi pemenangnya mengalahkan dua rivalnya. Posisi duduk yang tinggi ini memberikan kemudahan visibilitas (memandang ke lingkungan sekitar) dan perasaan lebih percaya diri dan aman.
Konsumsi BBM dan Kemampuan Mesin
Kapastias ruang bakar (mesin) Suzuki Ertiga adalah 1400 cc, ini berbeda dengan kedua rivalnya avanza dan mobilio yang memakai mesin berkapasitas 1500 cc. Akan tetapi besarnya ruang bakar (kapasitas silinder) tidak menjamin mobil memiliki kemampuan yang lebih baik karena dengan kecilnya kapasitas mesin justru menjadi kelebihan pada iritnya konsumsi BBM (meskipun tidak selalu juga), yang jelas banyak faktor yang mendukung misalnya terkait teknologi mesin atau material mesin.Ketiga mobil MPV kelas Low end ini masih memakai mesin dengan 4 silinder jadi berbeda dengan Datsun Go Panca + yang berjenis MPV yang hanya menggunakan 3 silinder :-).
Nah untuk kemampuan mesin Honda Mobilio menjadi juara (yang terbaik) diantara ke dua rivalnya, Honda mobilio memakai mesin 1500 cc dengan tenaga paling besar yakni 118 HP. Mobilio juga sekaligus menjadi pemenang untuk masalah konsumsi BBM dimana mampu berjalan sejauh 14,8 kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya (pertamax).

Toyota Avanza menduduki peringkat kedua untuk besarnya tenaga yang dihasilkan, Toyota Avanza mampu mengeluarkan tenaga sebesar 104 HP, sementara Suzuki Ertiga menjadi yang terkecil tenaganya yakni 94 Hp tapi hal ini bisa dimaklumi karena kapasitas ruang bakar ertiga juga paling kecil (1400 cc).
Untuk konsumsi BBM urutan kedua paling ekonomis dipegang oleh Suzuki Ertiga dengan perbandingan 1:13,2 sedangkan paling boros adalah Toyota Avanza dengan konsumsi bahan bakar 1:12,1.

Sumber