Tips Merawat Rem Cakram

Rem cakram baik mobil maupun motor sebenarnya relatif mudah merawatnya, akan tetapi menjadi masalah jika tidak dirawat dan terjadi kerusakan pada bagian piringan (bergelombang/ tidak rata/ piringan cakram rusak) maka kemampuan mengerem juga akan berkurang (menjadi lebih tidak nyaman dan sulit mendapatkan performa rem yang maksimal).
Nah bagaimana mencegah agar performa rem tetap bagus, berikut adalah tips perawatannya:
1. Bersihkan rem tiap 4000 km, untuk mobil-mobil yang digunakan sehari-hari idealnya membersihkan komponen pengereman adalah 4000 km. Rem yang kotor oleh debu atau kerikil atau pasir atau oleh debu hasil pengikisan kampas rem akan menyebabkan menurunnya luas permukaan kampas dan cakram yang bersentuhan, burkurangnya luas permukaan yang saling bersentuhan ini menyebabkan rem lebih licin (kurang maksimal) dan dampak buruknya bisa merusak cakram. Solusi paling mudah adalah membersihkan tiap 4000 km.

2. Ganti kampas rem jika diperlukan, biasanya penggantian kampas rem dilakukan tiap 15 ribu km atau bisa dilihat dari posisi minyak rem (jika terlihat kosong atau tinggal sedikit maka pertanda kampas habis), bisa juga dengan merasakan jika pedal rem diinjak terdapat bunyi gesekan yang tidak wajar (harus segera diperiksa dan jika kampas rem habis segera ganti). Bunyi-bunyi yang tidak wajar tersebut berasal dari gesekan besi pada kampas dan cakram (sebaiknya hindari sampai terdengar bunyi karena gesekan ini akan mengikis kampas dan membuat bergelombang). Paling mudah adalah dengan mengontrol ketinggian minyak rem

atas kampas masih baik, bawah sudah habis

3. Tips dalam mengganti kampas rem, lakukan penggantian tidak secara bersamaan. Hal ini akan sangat bermanfaat jika kondisi cakram sudah bergelombang karena beberapa hari kampas akan menyesuaikan dengan gelombang pada cakram dan dalam waktu beberapa hari tersebut pengereman tidak maksimal (waktu penyesuaian bentuk). Disarankan dalam mengganti kampas adalah rem depan dahulu atau rem belakang dahulu dengan jeda lebih dari 1 minggu (jangan diganti ke empat-empatnya secara bersamaan)

Sumber